Cara Menghasilkan Uang untuk Kamu yang Masih Sekolah


Meskipun masih sekolah, bukan berarti kamu tidak bisa menghasilkan uang sendiri. Mungkin saat ini, kamu masih mendapatkan uang saku dari orang tua. Biaya hidupmu masih menjadi tanggungan mereka. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menghasilkan uang sendiri.
Jika kamu ingin tahu cara menghasilkan uang meskipun masih sekolah, bacalah uraian berikut ini.

Baca juga: 5 Cara Menabung di Rumah untuk Anak Sekolah

Freelance Writer untuk Kamu yang Hobi Menulis

Apakah kamu senang menulis? Jika demikian, cara menghasilkan uang yang cocok untukmu adalah dengan menjadi freelance writer atau penulis lepas. Banyak brand yang membutuhkan freelance writer untuk membantu melakukan marketing secara digital.
Kamu juga bisa bergabung dalam jasa penyedia artikel. Pekerjaan ini bisa kamu lakukan di mana saja dan kapan saja sehingga kamu bisa lebih mudah mengatur waktu untuk bekerja dan sekolah. Ini adalah cara menghasilkan uang dari internet dengan mudah yang bisa kamu coba sebagai anak sekolahan.
Misalnya, satu artikel berjumlah 500 kata dihargai Rp8.000. Dalam waktu satu hari, kamu bisa mendapatkan Rp24.000 jika bisa mengerjakan tiga artikel. Sementara itu, dalam seminggu kamu bisa mendapatkan Rp120.000 jika berhasil mengerjakan 15 artikel.

Bisnis Dropship yang Bisa Dimulai tanpa Modal

Kalau kamu ingin memulai bisnis sejak masih sekolah, dropshipping adalah bisnis yang cocok. Ini karena kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk memulai bisnis ini. Kamu hanya perlu mencari seller dan menjual barang-barang mereka secara online untuk menghasilkan uang dari internet melalui bisnis ini.
Kumpulkan foto-foto produk seller dan lakukan promosi menggunakan foto-foto tersebut. Kamu bisa menjual produk seller di Instagram, Facebook, atau e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee. Barang yang dipesan oleh pelanggan akan dikirimkan langsung oleh seller atas nama kamu.
Keuntungan lain dari bisnis ini adalah kamu tidak perlu melakukan packing dan pengiriman untuk pelanggan. Kamu juga tidak perlu menyediakan tempat khusus untuk menyimpan barang-barang yang kamu jual.

Fotografer untuk Teman-Temanmu

Apakah kamu orang yang senang dengan dunia fotografi? Jika demikian, berbisnis jasa fotografer bisa kamu mulai sejak masih sekolah. Ini adalah cara menghasilkan uang yang sangat menyenangkan untukmu.
Kamu bisa memulainya dengan mengumpulkan portofolio. Kamu bisa menjadi seksi dokumentasi bila ada acara di sekolah. Kamu juga bisa menjadi fotografer untuk buku tahunan sekolahmu. Ikuti juga ekstrakulikuler fotografi yang ada di sekolah.
Dengan portofolio yang banyak, orang-orang akan semakin percaya dengan kemampuanmu. Kamu bisa mulai menawarkan jasa fotografer untuk teman-temanmu.
Selain skill memotret, kembangkan juga skill mengedit fotomu. Dengan sentuhan filter yang tepat, hasil jepretanmu akan semakin menarik perhatian calon pelanggan. Jika kamu ingin serius menekuni bisnis ini, bacalah artikel Menghasilkan Uang dari Bisnis Edit Foto di era Digital.

Youtuber

Youtube adalah media sosial yang sangat digemari para peselancar internet. Melalui Youtube, orang-orang bisa mencari informasi mengenai apa saja. Selain informasi, warganet juga bisa menikmati hiburan dari jutaan channel yang ada di dunia.
Jika kamu ingin menghasilkan uang, jangan hanya menjadi subscriber di Youtube. Bangunlah channel milikmu sendiri dan dapatkan uang dari sana. Ini adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet.
Namun, bagaimana cara memulainya? Pikirkan sebuah hal yang sangat kamu senangi. Misalnya, kamu senang sekali dengan musik. Kamu bisa membuat channel yang membahas mengenai musik.
Kamu bisa membuat video tutorial memainkan alat musik. Kamu juga bisa membuat vlog jalan-jalan ke toko musik. Mengajak teman untuk melakukan cover lagu juga bukan ide yang buruk.
Youtube bisa menjadi media yang membantu kamu menghasilkan uang meskipun masih sekolah. Banyak Youtuber menjadi sukses karena konten-konten yang dibuat di Youtube. Bacalah artikel berjudul 4 Cara Menghasilkan Uang dari Youtube agar kamu tahu lebih jelas cara menghasilkan uang dari Youtube.

Baca juga: Belajar Bahasa Inggris Gratis? Bisa Kok

Jualan Makan Kecil di Sekolah

Ini adalah bisnis yang bisa kamu mulai sejak masih di bangku sekolah. Sediakan makanan dan jajanan kecil untuk teman-teman sekolahmu. Kamu bisa menyediakan makanan yang tidak dijual di kantin. Dengan begitu, akan ada pasar yang bagus untuk bisnis ini.
Kamu juga bisa menjual sarapan untuk teman-temanmu yang tidak memiliki waktu untuk sarapan di rumah. Kamu bisa membeli makanan seperti nasi uduk atau bubur di sekitar rumah untuk dijual lagi di sekolah. Jika kamu pandai memasak, kamu juga bisa memasak sendiri makanan yang akan kamu jual.
Selain ditawarkan secara langsung ke teman-teman, kamu juga bisa menitipkan makanan buatanmu di kantin sekolah. Coba tanyalah kepada penjaga kantin apakah mereka mau menyediakan tempat untuk makanan yang kamu jual. Kamu bisa menggunakan sistem bagi hasil dengan penjaga kantin sekolah. Dengan begitu, kamu dan penjaga kantin bisa sama-sama untung.

Menjadi Admin Media Sosial

Menjadi admin media sosial adalah pekerjaan yang bisa kamu lakukan sembari sekolah. Kamu membutuhkan koneksi internet dan memanfaatkan handphone pribadi untuk mengelola akun media sosial. Banyak toko online yang memerlukan jasa admin media sosial.
Dengan menjadi admin media sosial, kamu bertugas untuk mengunggah konten, menjawab komen dan juga DM dari follower. Kamu juga mungkin akan diminta untuk membuat konten di media sosial toko online.
Tambah nilai jual kamu dengan belajar menggunakan aplikasi edit foto yang ada di handphone. Buatlah sebuah portofolio desain media sosial yang menarik dengan memanfaatkan media sosial pribadi. Cari tahu juga apa konten yang disenangi orang-orang yang bermain instagram, terutama mereka yang mengikuti akun toko online tersebut.

Event Organizer (EO)

Apakah kamu adalah orang yang senang berorganisasi? Apakah merencanakan dan menjalankan event adalah hal yang kamu senangi? Apakah kamu sudah memiliki banyak pengalaman menyelenggarakan acara di sekolah?
Jika demikian, bergabung dengan jasa event organizer menjadi salah satu ide mendapatkan uang yang cocok untukmu. Dengan bergabung dengan layanan EO, kamu bisa menyalurkan hobimu untuk merencanakan berbagai macam event.
Kamu akan mendapatkan pengalaman untuk mempersiapkan dan merencanakan event festival, musik, ulang tahun, hingga wedding. Kamu akan berkenalan dengan banyak orang baru dari vendor yang bekerjasama dengan layanan EO tempat kamu bekerja. Hal ini tentu sangat menyenangkan untukmu, bukan?

Berjualan Pulsa

Apakah temanmu sering kehabisan pulsa saat di sekolah? Pada saat itu, kalian tidak bisa keluar untuk membeli pulsa karena masih jam sekolah. Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk berjualan pulsa di sekolah.
Kamu bisa menjual pulsa untuk teman-temanmu. Selain itu, guru dan juga karyawan sekolah juga bisa menjadi pelanggan pulsa yang kamu sediakan.

Itulah beberapa ide cara mendapatkan uang untuk kamu yang masih sekolah. Meskipun masih menjadi tanggungan orang tua, kamu bisa menghasilkan uang sendiri. Hasil yang kamu dapat dari pekerjaan atau bisnis ini bisa menjadi tambahan uang jajan, ditabung, atau menjadi modal mengembangkan bisnis.
Ada banyak cara yang sudah kamu tahu dalam artikel ini. Dari berbagai macam cara di atas, mana yang akan kamu coba?

Baca juga: 9 Inspirasi Bisnis Online Bareng Sahabat

Post a Comment